Sabtu, Januari 26, 2013

TA: Penawaran Topik Tugas Akhir [05]

Penawaran topik Tugas Akhir, bulan Januari 2013.

Perhatian: Topik berikut ini hanya untuk mereka-mereka yang IPk-nya minimal 3,50.

Topik:
Pengembangan Plug-In AmiBroker untuk Prediksi Harga Saham dengan Algoritma Lebah.

Kemampuan yang dibutuhkan:
1. penguasaan bahasa pemrograman C atau C++.

2. penguasaan dasar-dasar algoritma lebah (bisa dicari di Google).

Alternatif (untuk peminat lebih dari satu orang):
pembuatan varian dengan algoritma lain yang bisa digunakan.

Deskripsi topik:
Topik ini hanya merupakan pengembangan dari Tugas Akhir mahasiswa reguler 2009 bernama Vinna Luthfiana Dewi. Deskripsi detilnya dapat Anda cari di perpus. Abstrak dari TA tersebut ialah sebagai berikut:


Banyaknya metode tren analisis saham yang ada sekarang ini, terkadang membuat para trader bingung untuk mempercayai tingkat keakuratan akan prediksi indeks saham yang dimunculkan pada amiBroker. Metode yang sudah ada seperti MA, RSI, MACD masih memiliki beberapa kekurangan ketika menampilkan kepastian akan fluktuasi yang terjadi. Pada penelitian ini dibuat sebuah indikator baru (plug-in) untuk memprediksi pergerakan indeks saham pada amiBroker, sebuah perangkat lunak teknikal analisis yang dinamakan AntColony. Sesuai dengan namanya, indikator baru ini dibuat menggunakan algoritma semut atau ACO (Ant Colony Optimization) menggunakan konsep Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Algoritma semut yang menerapkan konsep JST ini dapat menampilkan grafik prediksi pergerakan indeks saham menggunakan data yang sudah tersedia pada amiBroker. Pada pengimplementasiannya, algoritma semut digunakan untuk memperbarui bobot nilai pada setiap layer yang ada pada JST. Kemudian algoritma yang sudah ada tersebut dirubah ke dalam bahasa pemrograman C. Source code Hasil perubahan tersebut kemudian dirubah menjadi file DLL sebagai file yang akan terbaca pada amiBroker. Setelah dibandingkan dengan grafik indikator yang ada, ternyata salah satu kelebihan grafik indikator AntColony bisa digunakan sebagai batas bawah dari pergerakan indeks saham.

Skenario penggunaan:
User masuk ke software Ami Broker, kemudian dapat memprediksi pergerakan harga saham dengan menggunakan plug-in yang Anda buat.

Catatan:
-.

Bila berminat, silakan tuliskan nama dan NIM kamu di kolom komentar di bawah.
Have fun! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar